Metode Pelaksanaan Pengecoran balok dan pelat

Daftar isi [Tampil]
Pelaksanaan pengecoran beton & pelat dilakukan setelah pemasangan bekisting dan tulangan selesai, dalam hal ini pelaksanaan pengecoran dilakukan serentak untuk semua balok & pelat pada ketinggian tertentu sehingga akan mempercepat waktu, dimana pengecoran dimulai dari balok & pelat dan dilanjut ke berikutnya.

Penuangan spesi beton ke kolom beton dengan menggunakan pump concrate dan dalam pelaksanaan ini kami menggunakan beton jadi (Ready mix)



Sebelum pelaksanaan pengecoran, dilakukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Menyiapkan alat-alat pendukung dilapangan seperti vibrator, pipa penyalur beton, air compressor, lampu penerangan jika pengecoran dilakukan malam hari.    
  2. Sebelum adukan beton dimasukkan kedalam pompa, dilakukan pengambilan benda uji dan test slump dari truk mixer. Jika tidak memenuhi syarat maka adukan beton ditolak.
  3. Memeriksa jumlah, letak, jarak antara panjang penyaluran, panjang penjangkaran, diameter tulangan, beton decking dan “kaki ayam” yang harus sesuai dengan gambar rencana. Diperiksa pula posisi bekisting agar cukup kokoh menahan beban.    
  4. Membersihkan bekisting dan tulangan dari segala jenis sampah dan kotoran dengan kompresor, kemudian dilapisi dengan mud oil.
  5. Lubang-lubang untuk instalasi listrik, air dan lain-lain harus terpasang dengan baik. Setelah hal-hal tersebut diatas telah dilaksanakan maka pengecoran dapat dilaksanakan.
  6. Pengambilan semple beton kubus / silinder sebagai quality control menagement mutu material harus mencapak karateristik 250 kg/cm2.
  7. Menuangkan spesi beton kedalam bekisting balok dan pelet dengan pump concrate dengan dibantu tenaga pengecor dalam pemadatan beton dengan vibrator concrate.
  8. 5 Jam setelah pengecoran selesai beton diberi pelembab/digenangi air dengan memberikan karung goni diatas pelat beton agar terhindar dari susut beton yang terlalu cepat akibat sinar matahari yang mengakibatkan terjadinya retak pada pelat.             
  9. Bekisting balok dan pelat dapat dilepas setelah umur beton telah mencapai 21 hari dan dalam membongkar bekisting diharapkan berhati-hatiuntuk menghindari terjadi patah pada balok.

Contoh Perhitungan
Data Volume yang dikejakan sebesar :=67.2m3(K250)
Material yang dibutuhkan dibutuhkan :
1Beton ready mix1x67.2=67.2m3
Waktu penyelesaian Pekerjaan :
Waktu pelaksanaan=2hr
Kapasitas67.2/2=33.6m3/hr
Kebutuhan Tenaga / hari :
1Pekerja2.5x33.6=84Org/hr
2Tukang Batu Setengah Terampil0.25x33.6=8.4Org/hr
3Kepala tukang batu0.1x33.6=3.36Org/hr
4Mandor0.01x33.6=0.336Org/hr
96.096Org/hr
Alat yang digunakan :
1Vibrator concrate=1unit
2Sekrop=2set
3Kasut=2set
4Concrate pump=1unit
Waktu pelaksanaan :
Dimulai=Bulan II( minggu VI,VII,VIII)
Durasi waktu=2hari
Lose waktu=1hari

2 Responses to "Metode Pelaksanaan Pengecoran balok dan pelat"

  1. Di bogor ada Kontraktor bekisting, CV. HUTAMA LOGAM JAYA, alamatnya

    Jl. Perjuangan no.7 Bojong nangka, Gunung Putri.(persis sebelah Kolam Renang Katoomba Green Park Gunung Putri)

    Alat nya lumayan lengkap, Scaffolding, Ringlock, PCH, Angkur, Column Waller, Steel Waller, Catwalk, Stair, Pipa, Hollow Double, Pipa Double, Suri Suri, Gelagar, Double UNP, Jack Base, U-Head, Tie Rod, Base Plate, Wing Nut, Fixed Clamp, Swivel Clamp, baji, Wedge, WHP, Monas, Angkur, Sabuk Kolom, Ashiba, tembereng, bodeman dan lain-lain.

    Termasuk paling murah harga sewa alat CV. HUTAMA LOGAM JAYA

    saya masih simpen kontak Whatsappnya: 089503458224
    alamat email : marketing.hutamalogam@gmail.com

    Lokasi CV.HUTAMA LOGAM JAYA

    Situs Website CV. HUTAMA LOGAM JAYA

    semoga komentar saya bermanfaat untuk mandor, pemborong maupun kontraktor sipil


    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Silakan Subscribe Channel Saya